Jumat, 20 Mei 2011

Hunting for Nasi Goreng!

Malem ini saya bener-bener ngerasain nikmatnya nasi goreng. Kenapa? Karena ngedapetinnya bener-bener susah bukan main. Oke, saatnya cerita.

Sepulang dari rapat BPH Penmas FKUB 2011 sehabis Maghrib tadi, saya langsung bertolak ke rumah buat istirahat dan lain-lain. Taking the rest my body needs, lah. Nah, abis kakak saya berangkat ke Festival Malang Kembali alias Malang Tempo Doeloe bersama segenap koleganya jadilah saya sendirian di rumah.

Sendirian di rumah. Sendirian.
Mulailah saya mikir macem-macem..
"Enaknya ngapain yaa..???", begitu yang terngiang-ngiang di telinga saya.

Hingga akhirnya, saya memutuskan apa yang bakal saya lakuin waktu itu.

Berburu Nasi Goreng!

Waktu itu banyak banget opsi tentang warung nasi goreng (selanjutnya saya tulis "nasgor") yang kayaknya bakalan enak banget buat saya makan tadi. Beberapa warung yang jadi pilihan saya antara lain warung nasgor di deket terminal Landungsari, warung nasgor di deket perempatan Jl. Kalpataru, terus warung nasgor di depan gerbang FEB UB juga lumayan enak tuh.

Sebenernya 20 meter dari rumah saya juga ada warung nasgor sih, tapi karena udah agak sering saya makan di situ dan kebetulan emang lagi pengen jalan-jalan keluar rumah, jadilah saya nancepin niat buat makan nasgor di tempat yang ga deket dari rumah.

Pilihan pertama saya adalah warung nasgor di samping Terminal Landungsari. Uenak tenan emang, dan harganya ga terlalu mahal kalo dibandingin sama porsinya. Taste-nya juga so far paling enak dibanding yang lain. Tapi ya itu, jaraknya lumayan jauh dari rumah, sekitar 7 km mungkin. Namun demikian, hanya satu hal yang terukir di hati: "Buat taste, apa sih yang enggak?"

Lalu, saya pacu kencang motor kesayangan saya kesana, berharap segera nyampe terus makan dan balik lagi. Namun apa yang terjadi? Aral dan rintangan menghadang.
Saya sengaja lewat jalan belakang, bukan lewat jalan raya karena saya memprediksi kalo di Jl. Soekarno-Hatta bakal macet parah gara-gara Malang Tempo Doeloe. Ternyata planning saya gagal. Di jalan belakang justru macet parah. Dan yang lebih parah lagi, macetnya di tanjakan curam. Dan apa yang bikin lebih parah lagi? Motor saya transmisinya manual, alias pake kopling. Damn.

Setelah berlinu-linu ria, akhirnya kemacetan mereda. Rintangannya? Belom mereda.
Pas keluar di Jl. M.T. Haryono, dan saya mau belok ke kanan, arus lalu lintasnya padet parah abis. Boro-boro buat nyebrang, buat maju dikit aja ga dikasi kesempatan. Setelah nunggu bermenit-menit dan kondisi ga berubah (malah makin parah), akhirnya saya urungkan niat buat makan di warung nasgor samping terminal Landungsari. Adios~

Keputusan saya akhirnya jatuh ke opsi ke dua. Warung nasgor di deket perempatan Jl. Kalpataru. Jaraknya lumayan jauh dari rumah dan tempat saya kena halangan waktu itu. Tapi lagi-lagi saya teguhkan dalam hati:  "Buat taste, apa sih yang enggak?". Saya pacu kencang (lagi) motor saya ke tempat tujuan berikutnya.

Setelah menjalani perjalanan yang lumayan jauh, tibalah saya di TKP. Guess what? Warungnya tutup. 
Aah~ damn.. Setelah berlelah-lelah lantaran berjibaku dalam kemacetan dan terjangan dinginnya malam Kota Malang, saya ga dapet apa-apa? Nooo...


End of story? Ga juga lho.
Dengan sempoyongan saya masuk ke Jl. Kalpataru, naik motor pelan-pelan dengan perut laper sambil tengak-tengok kiri-kanan, dan dengan mata memburu warung nasgor. 
Nasi Padang, tahu campur, (apalagi) lalapan yang saya lihat di pinggir Jl. Kalpataru, semuanya ga nyangkut di pikiran. Hanya satu yang kuinginkan. Nasi goreng yang hangat dan nikmat 'tuk menemani malamku *lebay banget ga sih? hhaha*

Sampe akhirnya saya keingetan kalo ada satu warung nasgor di Jl. Kalpataru. Kenapa saya inget? Soalnya dulu saya sempet mau ngekost disitu, tapi karena udah penuh, akhirnya saya urung deh.

Oke, cukup buat kos-kosan. Saatnya kembali ke nasgor.
Waktu itu saya agak desperate nyarinya. Ragu-ragu apa emang bener warung itu ada di Jl. Kalpataru. Soalnya, dulu saya sama sekali ga aware masalah jalan.

Setelah beberapa jauh saya berkendara, tiba-tiba ada satu aroma nikmat yang nancep di hidung, lalu stimulusnya diteruskan ke otak dan membuat perintah buat seluruh tubuh dan pikiran saya: "Hey, Mada. That's the one! That's the one!" 
Yes, I've finally found it. Nasi goreng!
Kalo boleh sedikit jujur, waktu itu rasanya bener-bener dramatis banget. Udah kayak ngeraih kemenangan besar aja. Dan saya langsung belok terus masuk ke warung itu. Warungnya kecil emang, tapi dari penampilannya meyakinkan banget.

Saya langsung pesen dan nunggu. Karena mejanya cuman 2 dan dua-duanya diisi pasangan dua sejoli yang lagi suap-suapan, saya akhirnya cuman duduk di kursi, tanpa meja. Harus pengertian lah. Hehehe.
Dateng lagi satu keluarga, dan satu pasanngan pergi. Saya ngalah lagi. Ga masalah, lagi.

Proses masaknya bener-bener lambreta mangareto (baca: lama BGT). And guess what? Keluarga yang dateng lebih lama dari saya, pesenannya dateng duluan. Mereka makan duluan, di kala saya makin ngiler.

"Ohmigod.. Haruskah sesulit ini? Apakah ini adalah skenarioMu agar hamba lebih bersyukur?"
Tapi di saat-saat kritis itu, pikirna suportif saya muncul lagi:  "Buat taste, apa sih yang enggak?"

Hingga akhirnya, akhirnya, dan akhirnya, nasgor pesenan saya dateng juga. Saya langsung berdoa dan mulai menyendok. Saya hirup dulu aromanya, merasakan harumnya masakan itu. Saya tiup sebentar dulu. Pas masuk ke mulut, oh, betapa nikmatnya~

Waktu itu saya keingetan kutipan dari Kowalsi (The Penguins of Madagascar)
"Kemenangan terasa indah setelah mengalami kekalahan" 

Alhamdulillah, akhirnya keinginan abstrak saya bisa terpuaskan juga. Next time, saya bakal hunting nasgor yang maknyuss lagi di Kota Malang. Buat yang punya rekomendasi, silakan dikirimkan aja. Saya tunggu lho! Hehehe~

Maacih~ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar