Senin, 22 November 2010

Welcome to The True FK!

Blok kedua semester perdana di FKUB sudah berlangsung setengah jalan. Setelah beberapa mata kuliah melelahkan yang belum sempat saya ceritakan kepada Anda, akhirnya sampailah saya pada mata kuliah yang saya pikir akan menjadi lawan tertangguh dalam semester ini: BIOSAINS 2 (selanjutnya saya singkat "BS2").

Perkenalan mata kuliah dilaksanakan tanggal 19 November 2010, di Graha Medika Lt. 2 FKUB Malang, pukul 07.00 WIB. Saya yang biasanya berangkat mepet--mendekati jam masuk--tiba-tiba dikejutkan dengan SMS dan telepon dari Beny, sobat karib saya, pada sekitar pukul 06.45 yang isinya memberitahu betapa saya adalah orang yang parah. Kurang lebih seperti ini.

Beny : Mad, wis budal a? (Mad, udah berangkat?)
Saya : Durung e (Belom tuh)
Beny : Lho, sampean ndek ndi iki? (Lho, kamu di mana ini?)
Saya : Ndek omah. Opo'o Ben? (Di rumah. Emang kenapa Ben?)
Beny : Wah, parah sampean. Ndang gagi! (Wah parah kamu. Buruan!)
Saya : *agak bingung plus panik* iyo, iyo. Aku wis kajenge budal iki. (iya, iya. Aku udah mau berangkat ini)

Dosen sudah masuk, dan sepertinya kuliah sudah berlangsung cukup lama. Itulah yang saya tangkap dari percakapan singkat nan menegangkan itu. Segera saya, dengan terburu-buru, memanaskan mesin sepeda motor saya. Beberapa menit saya pikir cukup, dan sayapun bergegas memacu kencang sepeda motor saya menuju Jl. Soekarno-Hatta untuk dapat mencapai kampus FKUB secepatnya.
Dan ternyata benar adanya. Dosen sudah memulai kuliah, dan kalau saya lihat dari slide presentasinya, meskipun materinya hanya sekedar perkenalan staf dan mata kuliah, sudah berjalan cukup jauh. But thank God, di sana sobat-sobat saya sudah menyiapkan satu kursi kosong untuk tempat saya duduk menikmati indahnya perkuliahan.

Seperti biasa, sesi perkuliahan kami lalui dengan gokil nan ceria, ditemani sebungkus besar Tango Waffle Crunchox dan sebungkus kacang polong "Polongmas" yang enak gila, plus setumpuk komentar, gelak tawa dan obrolan ringan. Superb!

And now, for the big deal. Kenapa judul post ini "Welcome to The True FK!"? Dan ada apa dengan kata-kata "The True FK"?
Ini karena kehadiran BS2, sebagai gerbang awal pembelajaran tentang struktur tubuh manusia, beserta fungsi dan kelainan-kelainannya. Karena itulah, akhirnya BS2 saya beri gelar "Gate of The Medical Studies Castle" (Gerbang Istana Studi Medis).
Barangkali Anda bertanya "kenapa nggak BS1 aja?", ini jawabannya: BS1 membahas tentang biokimia, biomolekul dan bioseluler. Memang membahas tentang yang kecil-kecil, yang paling mendasar. Namun demikian, mata kuliah ini akhirnya lebih mirip mata pelajaran kimia dan biologi, meskipun lebih advanced, sehingga kurang begitu "kedokteran" jika dibanding dengan BS2 yang membahas anatomi, fisiologi dan patologi.

Tiga minggu adalah waktu yang harus saya lalui dalam melintasi gerbang kastil studi medis. Diskusi tutor, tugas modul yang rutin dan menguras tenaga dan pikiran ditambah dengan praktikum setiap hari pastinya akan menciptakan kelelahan yang tidak main-main. Namun itulah harga yang harus saya dan seluruh kolega PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter) FKUB 2010 bayar untuk sebuah kompetensi kedokteran yang ultra useful di masyarakat nantinya. Harapan saya beserta seluruh kolega PSPD FKUB 2010, tentu saja untuk bisa melintasi gerbang bernama Biosains 2 itu dengan selamat sentosa, menghantarkan rakyat PSPD FKUB 2010 menuju pintu kemerdekaan dengan huruf "A" tercetak mantap di KHS dan kompetensi kedokteran dapat dikuasai dengan super.

That's it for now, see you next post! Jangan lupa cuci kaki dan minum susu sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar