Selasa, 26 April 2011

Aku Mau Bikin Film!

Movie making termasuk hal yang paling saya minati sedari dulu kala ketika saya masih bercelana biru. Bareng temen-teman yang berminat sama, kami bikin film-film pendek yang masih amatir banget, bahkan cenderung absurd, tapi berkesan banget buat saya.

Hanya dengan bermodalkan ide, tampang dan hape Nokia 6600 milik kawan saya, kami bikin film.Waktu itu kita bikin 3 film, masing-masing judulnya "School of The Dead", "School of The Dead 2" dan "Casino Bojong". Ini sekilas visi dari masa lalu saya.

Nah, yang jadi masalah adalah, keinginan ini tiba-tiba muncul lagi.
Beberapa waktu lalu, pas saya lagi main-main ke Perpus UB, saya ngeliat sekelompok mahasiswa yang lagi bikin film. Tema ceritanya sih kayaknya percintaan gitu, kalo ga salah waktu itu ceritanya tentang usaha seorang cowok kikuk dalam rangka ngedeketin pujaan hatinya. Satu adegan yang paling lekat di ingetan saya, adalah adegan ngintip-ngintip dari balik rak buku. Man, that was sweet. "Good, simple love story" banget deh pokoknya.

Kalo boleh saya beropini, menurut saya ide dan penggarapannya lumayan sederhana, klasik banget. Hanya dengan beberapa butir kru dan pemain, satu buah handycam, satu sendok makan ide kreatif, dan ga lupa segenggam komitmen dan kesungguhan, udah cukup bagi mereka buat berkarya. Ajang ato tugas apa yang melatarbelakangi aktivitas mereka waktu itu, saya kurang tau. Tapi yang jelas waktu itu kesan yang saya dapet adalah mereka ikhlas, tulus dan bersemangat banget ngerjainnya. Salute!

Cut! Camera, rolling, and.. Action!

Waktu itu, pas ngeliat mereka sibuk briefing, ngerekam, ngatur setting, dan berbagai aktivitas movie-making mereka, rasa-rasanya saya pengen banget gabung sama mereka buat berbagi ide. Atmosfir-nya itu lho, "creative" banget. Aaargh.. Saya jadi pengen!

Hmm, tapi setelah dipikir-pikir kalo emang saya mau terjun ke dunia movie-making (again), buat sekarang ini kayaknya saya masih terkendala di sarana nih. Ya, semoga aja kedepannya ada jalan dan semua jadi bisa diatur~ :p

(setelah saya baca-baca keatas, ternyata muncul pertanyaan: "galau banget ga sih tulisan gue?" hahaha..)

Ah iya, hampir aja lupa. Saya ada sedikit ekstra.
Bulan Maret lalu, di Minggu pagi yang indah, tiba-tiba saya dapet panggilan buat bikin video tema Pelat Baja (Pelatihan Bahasa Jawa), salah satu acara kampus. Meskipun saya cuman dapet peran sebagai korlap yang ngomel dan (hampir) nabok koleganya, itupun cuman beberapa detik doang, tapi seluruh rangkaian proses pembuatan video-nya buat saya bener-bener superb banget. Mengasyikkan dan penuh gelak tawa.
Walhasil, selama proses video-making yang cukup makan waktu itu saya ga dirundung sumpek ato bosen, dan video-nya pun, ya, not bad lah. Terasa keceriaannya, dan ternyata hasilnya lumayan gokil juga. Hehehe.

"Foto Dulu Ah", Sebuah Tradisi Asli Indonesia
 Oh Tuhan, betapa ingin rasanya kurasakan lagi saat-saat kreatif yang menyenangkan itu. Kira-kira kapan lagi ya?

4 komentar:

  1. eh uaseem, fotoku tepak seng elek sing di pajang mameen --"

    BalasHapus
  2. yg penting kan fotoku bagus dib, daripada di foto2 yg lain hhehe

    BalasHapus
  3. oh, iya deh. alibi diterima, karna memang ini blogmu. wkwkw :P

    BalasHapus
  4. hhaha, tnang aja dib, smua kata n gambar yg ada d blog ini uda melalui prosedur yg super ketat kok. kualitas dijamin :3

    BalasHapus